Contoh Pidato Sambutan Bupati Pada Acara Peresmian Anggota DPRD


Contoh Pidato Sambutan Bupati Pada Acara Peresmian Anggota DPRD

Assamu’alaikum Wr.Wb
Yang terhormat  :
  • PARA UNSUR MUSPIDA KABUPATEN ACEH UTARA;
  • PIMPINAN SEMENTARA DAN PARA ANGGOTA DPRK MASA KEANGGOTAAN TAHUN 2014-2019;
  • PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRK DEMISIONER;
  • PARA PEJABAT SIPIL, TNI DAN POLRI;
  • PARA ULAMA, TOKOH MASYARAKAT, TOKOH ADAT, PIMPINAN PARPOL/PARLOK, TOKOH PEMUDA, AKTIVIS ORGANISASI DAN ORGANISASI WANITA;
  • INSAN PERS, PARA UNDANGAN DAN HADIRIN SEKALIAN.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga kita masih diberi kempatan untuk mengikuti acara peresmian pemberhentian dan penganggkatan anggota DPR Kabupaten Aceh Utara. Selanjutnya selawat dan salam kita sampaikan kepangkuan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau sekalian.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA ;
Proses Pemilu yang sukses diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, termasuk pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRA, dan DPRK, beberapa waktu yang lalu, telah melewati tahapan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Suasana yang tertib dan lancar, baik sebelum maupun sesudah proses pemungutan suara, menunjukkan adanya kedewasaan dalam berpolitik, baik dikalangan elit maupun dikalangan masyarakat Kabupaten Aceh Utara.

Melalui pemungutan suara dalam Pemilu Legislatif pada tanggal 9 april 2014 yang lalu, telah terseleksi putra-putri terbaik daerah yang akan melanjutkan program-program pembangunan Kabupaten Aceh Utara ke depan. Masyarakat sebagai pemilih, telah memberikan kepercayaan kepada saudara-saudara untuk mewakilinya, guna memperjuangkan aspirasi, sesuai dengan kebutuhan riel dilapangan. Untuk itu kami mengharapkan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota dewan, saudara-saudara dapat selalu mengunjungi masyarakat, untuk melihat dan menanyakan langsung akan kebutuhan dan keluh kesahnya. Program politik yang telah disampaikan dalam masa kampanye, hendaknya saudara-saudara dapat perjuangkan secara bertahap, dalam membangun masyarakat kearah yang lebih baik. Selain itu, dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota DPRK, hendaknya mengedepankan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan kelompok

Selama ini saudara-saudara mungkin menjadi bagian dari kelompok ataupun partai politik/partai politik lokal tertentu, namun sebagai wakil rakyat, kedepan saudara dituntut untuk lebih arif dan bijaksana dalam memperjuangkan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Aceh Utara, dengan tanpa pandang bulu. Apakah yang bersangkutan pernah menjadi bagian dari saingan saudara dalam pemilu legislatif atau tidak. Apabila ini saudara laksanakan maka masyarakat kita akan hidup sejahtera dan berkeadilan.

Sidang Dewan dan hadirin yang berbahagia;
Hubungan antara Pemerintah Daerah dan DPRK merupakan hubungan kerja yang kedudukannya setara dan bersifat kemitraan. Kedudukan yang setara bermakna bahwa, antara pemerintahan daerah dengan lembaga DPRK memiliki kedudukan yang sama dan sejajar. Sedangkan hubungan kemitraan bermakna bahwa antara pemerintah daerah dan DPRK adalah sama-sama mitra kerja dalam membuat kebijakan daerah untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing. Pada akhirnya kedua lembaga tersebut perlu membangun suatu hubungan kerja yang sinergi dan saling mendukung. Bukan sebagai lawan ataupun pesaing dalam melaksanakan fungsi masing-masing, sehingga pola keseimbangan pengelolaan pemerintahan daerah yang dilakukan,  dapat memberikan manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan telah dilantiknya anggota DPRK Aceh Utara masa jabatan 2014-2019, kita berharap penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Aceh Utara dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Untuk itu, kepada yang terhormat anggota DPR Kabupaten Aceh Utara, mari kita menjalankan tugas dengan amanah, membangun kinerja pemerintahan yang visioner, responsif, inovatif, akseleratif, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Serta melakukan kebijakan pembangunan yang pro-job, pro-growth, dan pro-environment. Sehingga dapat menghadirkan kemajuan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selamat melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, mari kita jalin kemitraan yang sinergis dengan semua stakeholders, baik Pemerintah Pusat, Provinsi, DPRK, pihak swasta, Akademisi, maupun masyarakat.
Kami mengajak seluruh stakeholders pembangunan daerah, untuk besama-sama mengawal, memberikan dukungan yang konstruktif, dan berperan aktif dalam menciptakan situasi yang tentram. Sehingga agenda-agenda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Aceh Utara dapat berjalan lancar dan mencapai sasaran secara optimal.

Sidang Dewan dan hadirin yang berbahagia;
Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, saya ucapkan selamat bekerja kepada saudara-saudara yang telah diresmikan pengangkatan sebagai anggota DPR Kabupaten Aceh Utara masa keanggotaan tahun 2014-2019, dengan harapan agar saudara-saudara dapat menjadi wakil rakyat yang merakyat sesuai dengan aspirasi seluruh komponen masyarakat. Hari ini menjadi momentum bagi saudara-saudara untuk mulai bekerja dalam mengemban amanah besar sebagai wakil rakyat dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Aceh Utara.

Secara khusus kepada saudara-saudara anggota DPRK Aceh Utara yang telah berakhir masa keanggotaannya selama periode 2009-2014, kami mengucapkan terimakasih atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian saudara-saudara dalam membangun daerah ini. Semoga amal yang saudara-saudara berikan dapat memperoleh balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Kepada unsur MUSPIDA Kabupaten Aceh Utara, Ketua dan Anggota KIP, Ketua dan Anggota PANWASLU serta jajarannya dan semua pihak yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan pemilu legislatif maupun pemilu presiden Tahun 2014 yang baru lalu di Kabupaten Aceh Utara, kami mengucapkan terimakasih, atas dukungan dan kerjasama yang baik dalam mensukseskan agenda-agenda Politik dan Pemerintahan di Daerah ini.

Demikianlah sambutan dan harapan saya pada kesempatan ini, kiranya Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat, petunjuk dan perlindungan-nya kepada kita semua. Amin…..

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



BUPATI ACEH UTARA,



----------------------------------------

Komentar